CS PPDB

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) “Aktualisasi Kearifan Lokal dalam Grafis Cukil”

shape image

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) “Aktualisasi Kearifan Lokal dalam Grafis Cukil”

 


      Kurikulum merdeka ditujukan untuk mengembangkan segenap potensi murid, tidak terbatas pada aspek kognitif semata, tetapi juga menitikberatkan pengembangan aspek karakter. Kurikulum merdeka bertujuan untuk membentuk siswa dengan profil pelajar Pancasila. Penanaman profil ini selain ditempuh dengan integrasi dalam pembelajaran dikelas juga dapat dilakukan melalui kegiatan Proyek.
 

       Sesuai dengan amanat kurikulum, kegiatan proyek untuk kelas 10 dijadwalkan minimal sebanyak 3 proyek dengan ragam tema yang dapat dipilih seperti Bhineka Tunggal Ika, Kearifan Lokal, Gaya Hidup Berkelanjutan, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Rekayasa dan Teknologi, dan Kewirausahaan. Pada proyek pertama ini, SMAN 1 Gondang mengambil tema Kearifan Lokal untuk dilaksanakan terlebih dahulu.

      Pada Proyek pertama ini, topik yang diambil adalah “Aktualisasi Kearifan Lokal dalam Grafis Cukil”. Kearifan lokal merupakan warisan kekayaan peninggalan masa lalu yang perlu untuk dilestarikan. Kearifan lokal dapat berupa warisan benda maupun non benda. Pada proyek ini, siswa diberikan kekleluasaan untuk melakukan eksplorasi kearifan lokal yang terdapat didaerah tempat tinggalnya hingga kearifan lokal yang terdapat diseluruh wilayah nusantara. 
Kearifan lokal yang telah dipelajari selanjutnya dituangkan menjadi sebuah motif yang akan dituangkan dalam media tas dan kain penutup meja menggunakan metode Cukil.

       Proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini dilaksanakan mulai dari tanggal 14 – 26 September 2022. Tahap-tahap proyek meliputi: Tahap Pengenalan, Tahap Kontekstual, Tahap Aksi, dan Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut. Rangkaian kegiatan proyek dibuka dengan kegiatan seremonial pembukaan serta materi awal pengenalan tentang kearifan lokal dan ditutup kegiatan Gelar Karya dengan konsep Pameran. Diharapkan melalui kegiatan proyek ini, profil kebhinekaan global, gotong royong, serta kreatif dapat berkembang dalam diri siswa dengan baik. (MAM).


Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM