CS PPDB

PEMBUATAN KOMPOS DALAM RANGKA PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

shape image

PEMBUATAN KOMPOS DALAM RANGKA PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

PEMBUATAN KOMPOS DALAM RANGKA PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SEBAGAI TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN     

     Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu  program yang dapat membantu menumbuhkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Pada tema Gaya Hidup Berkelanjutan, siswa dan siswi diarahkan untuk memahami dan menerapkan kebiasaan hidup sehat dan berkelanjutan. Oleh sebab itu, pada projek P5 kali ini SMA Negeri 1 GONDANG mengambil tema Hidup Berkelanjutan "Kompos Lestarikan Alamku". Hal ini tentu menjadi tema besar yang dapat mengajari para siswa paham tentang cara memanfaatkan, berkerjasama, berproses, dan tahu tentang cara hidup lebih sehat.

 


    Tema besar berupa "Kompos Lestarikan Alamku" berhasil dilaksanakan oleh para siswa kelas X  pada tanggal 3 April - 10 April 2023. Hari pertama, dibuka dengan sosialisasi mengenai tema projek P5 berupa gaya hidup berkelanjutan "Kompos Lestarikan Alamku" di aula SMA Negeri 1 GONDANG. Hari kedua, mendapatkan materi tentang proses pembuatan kompos oleh Bapak Sumadi  yang tentu saja menjadi salah satu bagian penting agar pelaksanaan proyek P5 terlaksana sesuai ekspetasi. Hari ketiga, proses pembuatan kompos dengan cara melubangi pot sesuai jarak yang sudah ditentukan dan proses pemotongan daun yang terlalu besar. Hari keempat, melanjutkan proses penumpukan kompos dan daun kering atau daun yang sebelumnya sudah dipotong-potong. Hari kelima, pelaksanaan P5 pada hari terakhir yang digelar dengan perayaan aksi berupa presentasi kelompok dimasing-masing kelas.

 



   Pada dasarnya projek P5 kali ini hadir untuk mengajari para siswa paham cara memanfaatkan sampah organik berupa dedaunan kering yang bisa dijadikan pupuk kompos. Selain itu, sebelum kegiatan benar-benar berakhir kita diberi kesempatan untuk mengisi Instrumen Evaluasi dan  Analisis diri berupa Rubrik Refleksi Peserta Didik dan Penilaian Teman Sejawat. Hal ini bertujuan, sebagai rekam jejak siswa dalam mendalami pengetahuannya tentang pemanfaatan sampah, pengertian kompos, proses pembuatan kompos, menjaga kerjasama dan berhasil mewujudkan hasil yang diperoleh.

Penulis: Seftiyan Dini (X9)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM