CS PPDB

Kenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya melalui Webinar Literasi Digital

shape image

Kenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya melalui Webinar Literasi Digital

      Literasi digital adalah pengetahuan untuk menggunakan media berupa alat-alat komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan dan membuat informasi. Penggunaan media digital perlu di manfaatkan secara sehat, bijak, cerdas, cermat dan tepat. Hal ini sebagai bentuk patuh hukum sesuai kegunaan dan pemanfaatan media digital dalam rangka membina komunikasi serta interaksi untuk kehidupan sehari-hari.

     Untuk lebih paham tentang “Literasi Digital” pada Kamis, 13 April 2023 siswa kelas XI dari SMA Negeri 1 Gondang bersama SMA se-Kabupaten serempak mengikuti kegiatan “Webinar Literasi Digital”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh kemkominfo yang bekerja sama dengan Makin Cakap Digital dan Siber Kreasi. Pada kegiatan ini diharapkan dapat mendorong siswa paham cara menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

     Sebelum kegiatan webinar berlangsung terlebih dulu di adakan pre-test. Kegiatan pre-test ini diadakan pada hari Rabu, 12 April 2023. Kemudian, pada hari Kamis 13 April 2023 dilanjutkan dengan acara inti berupa webinar dan diakhiri dengan post-test. Selama rangkaian kegiatan berlangsung menjadikan peserta webinar memahami tentang jenis-jenis cyberbullying. Seperti halnya, hate comment (ujaran kebencian), cyber stalking (penguntitan dunia maya), doksing (penyebarluasan data pribadi), hoaks (penyebarluasan berita bohong), ancaman digital dan lain sebagainya.

     Pada dasarnya cyberbullying atau perundungan digital meliputi pelecehan, fitnah, meniru/plagiat, penipuan, pengucilan, mengancam, dan perselisihan yang menyebar. Oleh sebab itu, di zaman yang serba digital kita diharuskan paham porsi dalam menggunakan media digital, sebab tidak semua yang berkaitan digital selalu membawa dampak positif sehingga kita perlu menyesuaikan dan memfilter informasi yang kita dapat.

Penulis: Imam Nur Hamid (Jurnalis, XII MIPA 4)







Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM