CS PPDB

SMA NEGERI 1 GONDANG KEDATANGAN TAMU SPESIAL DARI KORAMIL GONDANG

shape image

SMA NEGERI 1 GONDANG KEDATANGAN TAMU SPESIAL DARI KORAMIL GONDANG

            Pada tanggal 04 Agustus 2023 SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk kedatangan tamu dari Koramil Gondang yaitu Saka Wira Kartika. Mereka datang bertepatan dengan kegiatan Pramuka Wajib yang kebetulan jadwalnya pramuka adalah kelas X. Kegiatan penyambutan Saka Wira Kartika dari Koramil Gondang bersitatap menjadi satu di aula megah dan indah milik SMA Negeri 1 Gondang. Mereka datang kurang lebih pukul 15.30 WIB. Tujuan utama Saka Wira Kartika datang ke SMA Negeri 1 Gondang tentu untuk memperkenalkan hal-hal tentang Saka Wira Kartika dan juga mempromosikannya.


           Pada dasarnya Saka Wira Kartika adalah salah satu karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara kwartir Nasional dengan TNI AD bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Selain itu, titik saka Wira Kartika adalah wadah bagi Pramuka penegak untuk menyalurkan minat mengembangkan bakat dan untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan dibidang mitra darat membentuk patriot bangsa serta berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


           Saka Wira Kartika dibentuk berdasarkan keputusan bersama antara TNI AD dan kader gerakan Pramuka nomor perkasar 182/x/2007 dan nomor 199 tahun 2007, tentang kerjasama dalam membina dan mengembangkan pendidikan bernegara dan kepramukaan keputusan musyawarah nasional. Seperti yang kita ketahui di atas Saka Wira Kartika datang dengan tujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan Saka Wira Kartika kepada Siswa baru kelas X SMA Negeri 1 Gondang. Acara tersebut, diisi oleh  Peltu Warsi Jabatan di pramuka pemimpin Saka,Sertu Wawan Dwi Saputro jabatan dalam pramuka pamong saka yang langsung datang ke sekolah SMA Negeri 1 Gondang serta acara tersebut juga didatangi oleh anggota Saka Wira Kartika Angkatan VI dan juga angkatan VII serta di dalam acara tersebut terdapat Anggota dari ekstra Pramuka Khusus dari SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk.


          Terlihat Siswa baru kelas X SMA Negeri 1 Gondang begitu antusias mengikuti acara tersebut. Apalagi, mereka begitu semangat mendengarkan dengan seksama. Sebab, acara dimulai dengan sambutan yang begitu menarik dari Pelru Warsi Jabatan di Pramuka yaitu Pemimpin Saka. Beliau menjelaskan meliputi hal kecil mengenai Saka Wira Kartika dan kegiatannya serta memberikan motivasi untuk Siswa SMA Negeri 1 Gondang untuk lebih berkarakter dan bela Negara. Acara tersebut dilanjut dengan Pembacaan Materi yang dilakukan oleh Daffa dan Dyan yang merupakan anggota Saka Wira Kartika,mereka menjelaskan lebih rinci dari yang disampaikan sebelumnya untuk lebih mengenalkan tentang Saka Wira Kartika dan juga mempromosikannya. Kegiatan tersebut dilanjut dengan pemutaran video dan juga pendekatan anggota Saka Wira Kartika dengan Siswa kelas X baru SMA Negeri 1 Gondang untuk promosi.


            Setelah berjalannya tiba saatnya pemutaran video acara dilanjutkan dan diarahkan oleh  Muhammad Rizqi Eka Naufal Saputra yang dimana beliau adalah seorang Anggota Saka Wira Kartika serta anggota ekstra Pramuka khusus di dalam Saka Wira Muhammad Rizki Eka Naufal Saputra menjabat menjadi Ketua Saka Dewan/KSD untuk Pramuka khusus beliau menjabat menjadi Sekretaris PA/Keramik PA. Beliaulah yang mengarahkan dan untuk tertatanya acara tersebut. Terlihat Muhammad Rizki Eka Naufal Saputra berinteraksi dengan sangat semangat dengan Siswa kelas X baru SMA Negeri 1 Gondang dan tentunya Siswa kelas X begitu antusias memperhatikanya. Beliau mengajak mereka bermain tepuk untuk melatih konsentrasi para siswa.  Selanjutnya, acaranya diisi oleh Sertu Wawan Dwi Saputro yang berjabatan di Saka yaitu Pamong Saka beliau mengisi acara tersebut dengan motivasi-motivasi untuk kelas X. Selain itu, beliau merupakan orang yang begitu motivator dan juga sangat memperlihatkan karakter yang berjiwa bela Negara,banyak siswa yang termotivasi dengan kata-kata beliau.


             Kegiatan Saka Wira KArtika oleh Koramil Gondang berlangsung kurang lebih pukul 16.30 WIB. Sebelum acara tersebut selesai terdapat sesi pencatatan nomor dan sesi foto bersama dengan kelas X SMA Negeri 1 Gondang, Berdasarkan data yang terlihat  banyak siswa kelas X yang ingin bergabung dengan Saka Wira Kartika. Kemudian, acara berakhir dengan riang gembira dan begitu antusias seolah tamu special berhasil membius kelas X untuk terpesona pada sambutan serta sajian yang diberikan oleh Saka Wira Kartika Korwil Gondang.


Penulis : Renasa Septira  Sahara (XI-3/2023)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM