CS PPDB

PELAKSANAAN PONDOK PESANTREN SMA NEGERI 1 GONDANG

shape image

PELAKSANAAN PONDOK PESANTREN SMA NEGERI 1 GONDANG

"Membentuk Generasi Muda Islam Yang Cerdas, Berakhalkul Karimah Dengan Memperbanyak Sholawat Dan Mengekang Syahwat"

Marhaban ya Ramadhan

    Pelaksanaan pesantren Ramadhan ala SMA Negeri 1 Gondang adalah wujud sekaligus rutinitas penting dalam memanfaatkan momentum bulan Ramadhan. Pada kegiatan tersebut, banyak kegiatan keagamaan yang dapat dijadikan tonggak dalam memperdalam ilmu pengetahuan tentang mendalami atau mengkaji Al-Quran, indahnya salat wajib dan sunah secara berjamaah, membedah keutamaan zakat dan semakin paham mengenai sejarah Islam di Indonesia. 

    Pesantren Ramadhan ala SMA Negeri 1 Gondang terlaksana pada hari Senin tanggal 27 Maret 2023 sampai dengan tanggal 30 Maret 2023 bertempat di aula SMA Negeri 1 Gondang. Siswa yang ikut dalam pelaksanaan pesantren Ramadhan terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pada hari Senin dan Selasa, siswa yang melaksanakan pondok pesantren di sesi pertama adalah seluruh kelas X dan kelas XII IPS. Sesi kedua pada hari Rabu dan Kamis seluruh siswa kelas XI MIPA maupun XI IPS dan kelas XII MIPA.

    Kegiatan awal dimulai dengan pembukaan disusul dengan Qira'ah, tidak lupa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sambutan dari bapak kepala sekolah SMA Negeri 1 Gondang Drs. Sugiyono, M.Si. Kegiatan selanjutnya yaitu Salat Dhuha dan Salat Hajat yang diimami oleh Bapak Komari, S.Pdl. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Kaifiyah Salat oleh Dra. Durahtul, Thaharah dan Fiqih wanita oleh Komari, S.Pdl. dan Kajian Al-Quran dan Akhlak oleh M. Yasin, S.Pdl. Pukul 12.00 materi ditutup dan melaksanakan Salat Dzuhur berjamaah, materi selanjutnya akan disampaikan di hari kedua yaitu tentang Aswaja, Puasa dan Zakat dan Sejarah Islam di Indonesia. Kegiatan pondok Ramadhan ditutup dengan penutupan dan do’a.

    Diharapkan dalam memanfaatkan momentum bulan Ramadhan ini para siswa semakin rajin dalam memperdalam ilmu tentang agama dan terbuka untuk memperbaiki hubungan kedekatan manusia dan Tuhannya. Selain itu mengajari siswa berlatih menjaga kesabaran dana ketulusan dalam menjalankan setiap ibadah. Oleh sebab itu sekolah mengupayakan dan mengharapkan kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan perencanaan.


Semangat dan terus bertumbuh untuk para siswa SMAN 1 Gondang yang mengikuti pondok pesantren. Mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan menjadi tambahan ilmu baik sebagai penerang menjalin kehidupan aamiin.

    Marhaban ya Ramadhan selamat menjalankan ibadah puasa. 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Nawaitu shouma ghodin an adaai fardhi syahri Romadhoona hadzihis-sanati lillahi ta’aala.”

Arti doa niat puasa Ramadhan tersebut adalah:

“Saya berniat berpuasa pada hari esok untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta ’ala.“


Penulis: Fhasel Rara A. (Jurnalis 2023- XI MIPA 5)


Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM