CS PPDB

Suasana Menyambut Idul Adha Di SMA Negeri 1 Gondang

shape image

Suasana Menyambut Idul Adha Di SMA Negeri 1 Gondang

 Idul Adha Di SMA Negeri 1 Gondang


Foto: Pandu Heasta Sena (X6 – Tim Jurnalistik dan Multimedia)

Tertib: para jamaah sholat ied lengkap dengan busana muslim

 “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillaahil hamdu.” Merupakan bacaan takbir berisi pujian akan kebesaran Allah yang akan selalu terdengar di telinga kita mulai dari malam hari raya hingga sesudah shalat ied. Seperti hal nya yang sedang kami lakukan saat ini. Yaitu merayakan hari raya Idul Adha di sekolah.

Pada Senin, 17 juni 2024 di lapangan basket SMA Negeri 1 Gondang. Para jamaah terdiri dari para siswa-siswi, guru dan staf sekolah terlihat tertib berjajar sesuai shaf dengan rapi sambil mendengarkan takbir sembari menunggu sholat dimulai.

Foto: Pandu Heasta Sena (X6 – Tim Jurnalistik dan Multimedia)

Makna dan hikmah: khotbah sholat ied oleh Bapak Nazwar Kholilluddin

Lebih dari sekadar kemeriahan, Idul Adha di sekolah menjadi momen berharga untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada para siswa. Melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, siswa diajak untuk memahami makna dan hikmah Idul Adha yang sesungguhnya. Seperti yang telah di sampaikan oleh Bapak Nazwar kholilluddin S.Pd. Dalam sesi khotbahnya sebagai berikut:

1.      Menjalani perilaku sabar. Seperti yang telah dijalani oleh Nabi Ibrahim AS saat harus menantikan kehadiran putra, karena hingga menginjak usia senja beliau belum dikaruniai anak. Hingga pada akhirnya kesabaran beliau membuahkan hasil. Allah S.W.T. mengkaruniai anak bernama Ismail.

2.      Mendirikan sikap tawakal. Tawakal atau berserah diri kepada Allah telah diterapkan pada peristiwa ini. Yaitu saat Nabi Ibrahim AS diberi ujian untuk menyembelih putranya sendiri, Ismail. Meski Ismail adalah putra yang ia nantikan selama puluhan tahun, Nabi Ibrahim tetap bersikap tawakal dan menjalankan perintah-NYA. Namun, Allah menunjukkan mukJizat-NYA. Saat Nabi Ibrahim hendak menggerakkan pedangnya dan menyembelih Ismail, Allah mengganti putra kesayangannya itu dengan seekor domba. Sehingga, alih-alih menyembelih ismail, Nabi Ibrahim menyembelih seekor domba. Yang hingga kini masih di jalankan saat perayaan raya Idul Adha atau dikenal dengar peristiwa kurban.

3.      Pendidikan ketauhidan. Nabi Ibrahim selalu menanamkan nilai tauhid pada putranya, Ismail. Sehingga, Ismail meyakini keesaan Allah dan berserah diri saat perintah untuk disembelih datang dari-NYA. Di era modern seperti sekarang sangat penting menanamkan nilai tauhid dalam kehidupan. Sehingga sebagai orang tua dapat mendidik anaknya dengan mendekati hal baik dan menjauhi yang buruk.

Foto: Nova Rahma Aulia (X6 – Tim jurnalistik dan Multimedia)

Kurban: penyembelihan sapi di lapangan SMA Negeri 1 Gondang

Memasuki rangkaian acara berikutnya, penyembelihan hewan kurban. Masih di lokasi yang sama, di sekitaran lapangan. Tempat penyembelihan hewan kurban. SMA Negeri 1 Gondang menyembelih setidaknya 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Hewan kurban yang telah melalui proses seleksi yang ketat, kini siap untuk disembelih dengan tata cara yang syar'i. Takbir dan doa menggema di udara, mengantarkan rasa syukur dan ketaatan kepada Allah SWT.


Foto: Pandu Heasta Sena (X6 – Tim Jurnalistik dan Multimedia)

Gotong royong: proses pemotongan dan pendistribusian yang dibantu oleh pengurus OSIS

Alhamdulilah, proses penyembelihan hewan kurban berjalan dengan lancar. Selanjutnya proses pemotongan dan pembagian daging kurban yang dibantu oleh pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gondang. Daging kurban dibagikan kepada siswa, guru, staf sekolah, dan masyarakat sekitar. Kebahagiaan terpancar di wajah mereka saat menerima paket daging kurban. Bagi sebagian orang, daging kurban ini merupakan hidangan istimewa yang tak selalu mereka dapatkan.

Semangat berbagi dan kebersamaan yang terjalin selama Idul Adha di sekolah diharapkan dapat terus terpelihara dalam kehidupan sehari-hari. Idul Adha bukan hanya tentang ritual penyembelihan hewan kurban, tetapi juga tentang meneladani semangat pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, serta menebarkan kasih sayang dan kebahagiaan bagi seluruh umat manusia.

 

Penulis:

Nova Rahma Aulia (X6 – Tim Jurnalistik dan Multimedia) 


Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM