CS PPDB

PELESTARIAN ADAT JAWA MELALUI PRAKTIKUM SEKOLAH

shape image

PELESTARIAN ADAT JAWA MELALUI PRAKTIKUM SEKOLAH

        Kelas XII MIPA 5 SMA NEGERI 1 Gondang melakukan praktikum mata pelajaran Bahasa Jawa mengusung tema “panggih temanten” khas adat Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan pada 28 Januari 2023 dan dimulai pukul 10.00-13.00 WIB.

        Praktikum “panggih temanten” ini dilaksanakan di Gedung Aula SMAN 1 Gondang, Kabupaten Nganjuk. Mereka saling bekerja sama demi menyukseskan praktikum Bahasa Jawa tersebut. Kania sempat mengatakan “Meskipun persiapannya ribet, setidaknya kita punya pengalaman.”

        Selain digunakan sebagai bahan praktikum, kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan adat Jawa di kalangan anak muda zaman modern seperti sekarang. Antusiasme para siswa kelas XII MIPA 5 tergambar saat persiapan sebelum hari H. Persiapan ini bahkan dilakukan jauh-jauh hari. Tri Cahyo selaku ketua pelaksana juga mengkoordinasi dan mengondisikan teman-temannya untuk membantu persiapan.

        Selama berlangsungnya kegiatan ini, semua pihak XII MIPA 5 ikut serta berpartisipasi. Mulai dari menyewa baju adat “temanten Jawa”, mengkreasikan dekorasi, membuat “kembang mayang”, membersihkan aula, sampai mempersiapkan alat-alat adat Jawa untuk prosesi “panggih manten”.

        Kegiatan praktikum ini berjalan dengan lancar. Namun ada sedikit kendala, salah satunya yaitu kurangnya properti yang digunakan selama prosesi berlangsung. Hal inilah yang menyebabkan durasi pelaksanaan tidak sesuai rencana.

        Selain dipraktikan secara langsung, kegiatan ini diabadikan dalam bentuk video dokumentasi berisi serangkian acara dari awal sampai akhir yang rencananya akan diposting melalui kanal official YouTube SMAN 1 Gondang, yaitu “Lensa SMAGO”.

Penulis : Alifia Marsha S. (XII MIPA 5)






Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM