CS PPDB

Binar Kompetitif dalam Orasi dan Pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2023/2024 Di SMAN 1 Gondang

shape image

Binar Kompetitif dalam Orasi dan Pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2023/2024 Di SMAN 1 Gondang

 





Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wujud dari sebuah wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda dalam lingkup sekolah dengan mengarahkannya untuk menjadi kader penerus perjuangan bangsa melalui bekal-bekal kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur yang nantinya akan berguna dalam masyarakat.

Saat ini, SMAN 1 Gondang baru saja melaksanakan pemilihan ketua OSIS masa bakti 2023/2024 melalui pemilu yang dapat melatih tumbuhnya sikap demokrasi pada diri para siswa untuk nantinya terjun langsung dalam pemerintahan Indonesia yang menganut asas kedaulatan rakyat. Kegiatan sudah dimulai pada hari Senin (11/09/23) dengan penyampaian orasi masing-masing kandidat calon ketua OSIS yang dilaksanakan seusai upacara bendera, yang bertempat di lapangan utama SMAN 1 Gondang. Gelora semangat sangat terlihat jelas diwajah para siswa, persaingan antar kandidat yang kompetitif tampak harmonis di tengah pelaksanaan rangkaian kegiatan orasi dan pemilihan ketua OSIS masa bakti 2023/2024 kali ini.

Terdapat dua kandidat calon ketua OSIS yang tentunya sudah melalui seleksi sebelumnya, yaitu:

1.      Awang Fadhil (XI-5)

2.      Muhammad Afif Ramdhani (XI-5)

Para kandidat masing-masing memulai orasi dengan memperkenalkan diri dan dilanjutkan dengan memaparkan visi misi sebagai calon ketua OSIS. Pada kesempatan tersebut, kedua kandidat menampilkan visi misi terbaik yang mereka usung.

Orasi pertama, dibuka oleh kandidat calon ketua OSIS nomor urut satu, yaitu Awang Fadhil yang memaparkan visinya, yaitu Mewujudkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Gondang yang MANDIRI (Maju, Nyeni, Disiplin, Religius, Inovatif). Tidak lupa Awang juga menyampaikan misinya, yaitu meningkatkan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mengutamakan kerja sama, dan kebersamaan dalam mengkoordinasi setiap ospek organisasi dengan baik, serta mengoptimalkan OSIS sebagai fasilitator untuk mengembangkan kreativitas, bakat dan pengetahuan. Dalam akhir orasinya, dengan begitu bersemangat Awang meneriakkan slogannya kepada seluruh khalayak siswa kala itu, "Wong tulus milihe nomer siji mergo nomer siji pasti gemati." begitulah bunyi slogan andalannya.

Orasi yang kedua, adalah penyampaian visi misi oleh kandidat calon ketua OSIS nomor urut dua, yaitu Muhammad Afif Ramdhani yang mengusung visi menjadikan OSIS sebagai wadah untuk mewujudkan siswa-siswi SMAN 1 Gondang Nganjuk yang berani ber-AKSI (Agamis, Kritis, Sigap, dan Inovatif). Afif juga menuturkan secara jelas misinya, yaitu Membangun kinerja OSIS yang solid, terbuka, dan efektif dalam rangka membangun generasi yang berkualitas, memberikan wadah dan dorongan kepada Siswa, agar dapat mengembangkan potensinya, serta menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan kegiatan sosial. Tidak kalah keren juga, dengan percaya diri dan keyakinannya Afif ikut menyerukan slogannya sebagai penutup orasi, "Pilih, Kawal, dan Buktikan Bersama Nomor 2 Wujudkan Asa." Dengan begitu seruan dan tepuk tangan dari penonton mengakhiri orasi dari kedua kandidat calon ketua OSIS kala itu.

Kegiatan kampanye dan orasi tidak hanya berhenti sampai di sana, karena setelahnya terdapat sesi tanya jawab yang diberikan oleh siswa-siswi dengan antusias mulai dari kelas X, XI, dan XII.

Keesokan harinya pada Selasa (12/09/23) merupakan puncak dari rangkaian kegiatan ini, yaitu proses pemungutan suara sekaligus proses penghitungan suara. Tempat Pemungutan Suara (TPS) bertempat di area Aula SMAN 1 Gondang. Acara berlangsung pukul 07.00 WIB yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI sekaligus pelaksanaan kegiatan P5. Kegiatan dibuka oleh MC hingga memasuki proses pemilihan suara yang berlangsung secara tertib. Siswa kelas X dan XI setelah selesai memilih dipersilakan untuk kembali ke kelas masing-masing dan dilanjutkan pemungutan suara oleh kelas XII, guru, serta staf dan karyawan.

Penghitungan suara dilakukan secara langsung pada pukul 10.00 WIB di hadapan seluruh siswa-siswi SMAN 1 Gondang. Proses penghitungan suara berjalan dengan suasana yang sangat hidup antar siswa, seruan-seruan dukungan tampak suportif ditunjukkan kepada kedua kandidat calon ketua OSIS terdengar saling sahut-menyahut. Kegiatan tetap berjalan dengan aman tanpa kegaduhan walaupun kandidat yang mereka pilih memperoleh suara lebih kecil dari kandidat calon ketua OSIS yang lain.

Proses penghitungan suara dalam pemilihan ketua OSIS tahun 2023/2024 dari daftar pemilih siswa, guru, serta seluruh staf dan karyawan SMAN 1 Gondang mendapat hasil akhir dengan rekapitulasi penghitungan suara terbanyak yang dimenangkan oleh kandidat calon ketua OSIS nomor urut dua dengan memperoleh 552 suara dan disusul nomor urut satu yang memperoleh 408 suara. Demikian, ketua OSIS masa bakti 2023/2024 secara resmi adalah nomor urut dua atas nama Muhammad Afif Ramdhani.

Lantunan selamat kami sembahkan untuk Muhammad Afif Ramdhani atas terpilihnya sebagai ketua OSIS masa bakti 2023/2024. Menyandang status sebagai ketua OSIS tentu saja akan mendatangkan tanggung jawab besar yang harus dipikul ke depannya. Harapan-harapan akan terwujudnya visi misi yang begitu luar biasa menjadi penantian yang paling dinanti oleh teman-teman serta warga SMAN 1 Gondang Nganjuk. Bertindak sebagai wadah, rangkulah siswa-siswi sebagai generasi muda untuk tumbuh menjadi generasi penerus bangsa, sehingga kelak kita dapat menuainya bersama-sama dan ciptakan warna baru di masa putih-abu ini.

 

Penulis:

Lely Dwi Fransiska (XI-1 – TIM JURNALISTIK & MULTIMEDIA)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM