CS PPDB

KESERUAN LATIHAN DASAR KEPEMIMPIAN OLEH MPK DAN OSIS SMAN 1 GONDANG MASA BAKTI 2023/2024

shape image

KESERUAN LATIHAN DASAR KEPEMIMPIAN OLEH MPK DAN OSIS SMAN 1 GONDANG MASA BAKTI 2023/2024

MENJADI WADAH BELAJAR TENTANG PENTINGNYA PAHAM LEADERSHIP




 

            Pada dasarnya Latihan Dasar Kepemimpinan atau Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDK-S) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Namun, LDK-S kali ini tidak hanya melibatkan OSIS maupun perwakilan ekstra. Lebih dari itu secara perdana MPK dan OSIS SMAN 1 GONDANG NGANJUK resmi bersatu untuk menunjukkan solidaritas dan kerja sama untuk sekolah.

            Kolaborasi MPK dan OSIS untuk saling bekerja sama dalam kinerja pembinaan sekolah sudah resmi dilantik pada tanggal 18 September 2023. Kini saatnya mereka dikenalkan tentang kepemimpinan melalui kegiatan yang tidak asing, yaitu LDKS. Kegiatan LDKS dilaksanakan selama empat hari berturut-turut. Dua hari bertempat di aula sekolah mulai pukul 13.00 WIB  hingga selesai. Kemudian, dua hari lagi bertempat di Red Hotel Sarangan.

Hari pertama, dilaksanakan pada Rabu, 20 September 2023 bertempat di aula SMAN 1 GONDANG NGANJUK. Hari kedua, dilaksanakan Kamis, 21 September 2023 bertempat di aula SMAN 1 GONDANG NGANJUK. Hari keempat dan kelima, berlangsung dihari Kamis, 22 September 2023 hingga Jum’at, 23 September 2023.

Kegiatan LDKS begitu seru dan penuh ilmu. Satu hal yang paling penting adalah ilmu tentang leadership yang disampaikan oleh Kepala SMAN 1 GONDANG yaitu, Bapak Sugiyono. Saat pembukaan awal dihari ketiga bertempat di aula nusantara beliau menyampaikan pentingnya memahami tentang kepemimpinan. Tidak hanya itu saja, tapi penyampaian materi yang renyah dan ringan seolah bisa dengan mudah menghipnotis peserta LDKS untuk fokus menyimak. Sebab, saat penyampaian materi tentang leadership siswa selalu bisa merespon setiap hal yang disampaikan oleh Bapak Sugiyono. Belum lagi, ketika penyampaian materi yang diselingi dengan yel-yel, menyanyi, tebak gambar dan candaan. Suara gelak tawa dan canda seolah tidak ingin melepas.

Selain penyampaian materi tentang leadership. Peserta LDKS diberi kesempatan untuk menikmati romansa malam di telaga Sarangan. Meski waktu sudah larut menuju tengah malam. Tidak lupa dengan dingin yang terlalu dekap menyentuh lapisan kulit. Nyatanya, tidak mengurangi romantisme malam di telaga Sarangan. Apalagi, pedagang yang  sibuk berjejer memamerkan dagangannya untuk dijual. Ada penjual sate kelinci, sate ayam, kopi hitam, wedang ronde, jagung bakar, jagung keju hangat, nasi bakar berserta aneka hidangan malam lainnya. Kalau sudah begitu rasanya hanya ingin duduk sambil menikmati wedang ronde sambil melihat telaga yang terbentang begitu tenang. Bisa juga berfoto cantik bersama teman untuk dijadikan kenangan.

Tidak hanya menikmati romantisme malam di telaga Sarangan. Namun, keesokan harinya peserta LDKS diajak jalan-jalan pagi untuk mengelilingi bentangan telaga Sarangan yang meluas dan begitu elok. Meski bisa dikatakan udara masih sibuk mendingin untuk terlalu dekap pada tubuh. Namun, tidak menyurutkan semangat menikmati suasana pagi di area telaga Sarangan.

Setelah jalan-jalan yang membuat langkah kaki mulai pegal. Ketika sampai di area halaman hotel peserta LDKS disambut dengan musik yang berdentum nyaring dan tiga instruktur senam yang terlihat begitu cantik seolah membuat peserta LDKS kembali bersemangat. Mereka akhirnya, melanjutkan untuk melakukan senam bersama. Setelah senam berakhir, mereka melanjutkan untuk sarapan pagi dengan berbagai hidangan yang telah disediakan oleh pihak hotel. Kemudian, setelah makan bersama kegiatan dilanjutkan dengan berbagai permainan.

Dipenghujung kegiatan yang diakhiri permainan peserta LDKS bersiap untuk mandi dan persiapan pulang. Namun, sebelum pulang mereka melaksanakan penutupan dan foto-foto. Setelahnya, peserta LDKS kembali ke kamar hotel masing-masing untuk berkumpul di halaman hotel. Lalu, setelah berkumpul peserta LDKS melaksanakan sholat dzuhur bersama. Kemudian, mereka menuju bus untuk melakukan perjalan pulang.

Menuju perjalanan pulang peserta LDKS diberi kesempatan untuk bertandang ke pusat oleh-oleh. Mereka begitu antusias memburu berbagai oleh-oleh sesuai yang mereka inginka. Bahkan, ada yang berulang kali ribet dan bingung memilih beraneka oleh-oleh yang disediakan. Akhirnya, peserta LDKS melanjutkan perjalanan kembali.

Alhamdulillah, pukul 16.51 WIB peserta LDKS sampai di sekolah dengan selamat. Mudah-mudahan pengalaman dan ilmu yang mereka dapatkan menjadi bekal baik dimasa mendatang. Tidak hanya itu saja, tapi menjadikan peserta LDKS MPK dan OSIS semakin solid mewujudkan visi misi sekolah. Aamiin.

 

 

 

 

Penulis :

            @iamjustnotice

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM