CS PPDB

Khatam Quran Secara Perdana dalam Rangka Jumat Sehat Iman Bersih (SIB) SMA NEGERI 1 GONDANG NGANJUK

shape image

Khatam Quran Secara Perdana dalam Rangka Jumat Sehat Iman Bersih (SIB) SMA NEGERI 1 GONDANG NGANJUK




Menjadi bagian dari lembaga pendidikan Indonesia yang terus berkembang dari masa ke masa, SMAN 1 Gondang Nganjuk tetap bertekad untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang dapat berkontribusi aktif dalam menciptakan insan yang beriman dan bertakwa. Untuk itu, SMAN 1 Gondang Nganjuk hingga saat ini ikut aktif  berinovasi dengan menciptakan beragam aktivitas yang dapat menunjang terwujudnya cita-cita yang diharapkan, salah satu bentuk inovasi tersebut tertuang dalam pengadaan kegiatan SIB di SMAN 1 Gondang.

Memiliki kepanjangan Sehat Iman Bersih, SIB dilaksanakan civitas SMAN 1 Gondang secara rutin setiap memasuki hari Jumat dari pukul 06.45-08.00 WIB. Biasanya kegiatan diikuti oleh seluruh warga SMAN 1 Gondang Nganjuk.

Jika sebelumnya kegiatan SIB diisi dengan olahraga dan bersih-bersih lingkungan sekolah, SIB kali ini pada Jumat (22/09/23) sedikit berbeda. Sebab, untuk pertama kalinya SMAN 1 Gondang mengadakan SIB yang diisi dengan Khataman Al-Quran sekaligus menyambut datangnya Maulid Nabi. 

Kegiatan diikuti oleh seluruh warga SMAN 1 Gondang mulai dari kelas X, XI, XII, serta Bapak Ibu guru yang beragama muslim, sehingga bagi peserta didik non-muslim dapat mengikuti pembelajaran bersama guru PAK. Para peserta didik didampingi oleh wali kelas yang akan mengawal berjalannya khataman di kelas masing-masing. Sebelumnya peserta didik juga telah mendapat himbauan untuk berwudu dari rumah. Al-Quran yang dibaca sudah disiapkan oleh sekolah dan tiap-tiap kelas mendapat jatah bacaan sebanyak 10 juz untuk dikhatamkan bersama.

Khataman Al-Quran dibuka dengan bacaan wasilah yang dipandu secara jarak jauh oleh guru PAI dari kantor dengan mengandalkan pengeras suara, sehingga peserta didik dapat mengikuti rangkaian acara secara serentak. Hal ini tentu menjadikan lingkungan  SMAN 1 Gondang Nganjuk terpenuhi oleh merdunya alunan ayat-ayat Al-Quran yang menenangkan.

Alunan ayat-ayat suci Al-Quran yang berkumandang di halaman SMAN 1 Gondang pada Jumat pagi kala itu memang turut membawa suasana khidmat antar peserta didik dan memotivasi untuk lebih dekat dengan Al-Quran. Kegiatan ini juga menjadi angin segar bagi SMAN 1 Gondang yang menyadarkan bahwa sebentar lagi akan datang 12 Rabiul Awal sebagai peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu Maulid Nabi.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini menjadikan SMAN 1 Gondang Nganjuk menjadi sekolah yang lebih religius, selalu dalam perlindungan Allah dan tidak lelah untuk mengumandangkan latunan ayat-ayat Al-Qur’an. Apalagi, bisa lebih memperdalam isi dan makna dari Al-Qur’an itu sendiri. Aamiin.

 

 

 

 

Penulis:

Lely Dwi Fransiska (XI1 - TIM JURNALISTIK DAN MULTIMEDIA)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM