CS PPDB

Semarak Pesta Demokrasi dalam Pelaksanaan P5

shape image

Semarak Pesta Demokrasi dalam Pelaksanaan P5

 Bertemakan Suara Demokrasi Melalui Pemilihan Umum Ketua OSIS Masa Bakti 2023/2024 Di SMAN 1 Gondang Nganjuk




Pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Suara Demokrasi” SMAN 1 Gondang mengadakan proyek berupa kegiatan pemilihan ketua OSIS masa bakti 2023/2024 bersamaan dengan digelarnya kegiatan P5 yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X dan XI SMAN 1 Gondang. Terdapat juga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan rangkaian tahapan kegiatan mulai dari orasi, pemungutan suara, penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil pemungutan suara yang diikuti secara langsung oleh siswa-siswi secara serentak.

Terdapat dua kandidat calon ketua OSIS masa bakti 2023/2024, yaitu nomor urut satu atas nama Awang Fadhil dan nomor urut dua atas nama Muhammad Afif Ramdhani. Mereka berdua adalah kandidat hebat yang siap maju mengemban tugas menjadi ketua OSIS. Akan tetapi, dua kandidat hanya terpilih satu calon ketua OSIS masa bakti 2023/2024.

Rangkaian pembuka kegiatan dimulai dengan tahap orasi dari masing-masing kandidat calon ketua OSIS pada Senin (11/09/23) bertempat di lapangan utama SMAN 1 Gondang, selepas pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan orasi dilangsungkan sebanyak dua kali, orasi pertama bertempat di Lapangan utama SMAN 1 Gondang yang dihadiri oleh seluruh siswa dan orasi kedua bertempat di Aula SMAN 1 Gondang yang disaksikan oleh peserta P5 yaitu kelas X dan XI.

Selama berlangsungnya kegiatan penyampaian orasi di Aula, peserta P5 tampak memperhatikan dengan saksama penyampaian dari masing-masing calon ketua OSIS karena mereka harus mulai menentukan, untuk diberikan kepada siapa suara mereka nanti dengan memperhatikan pandangan serta penilaian mereka. Dilain sisi, pada saat tanya jawab berlangsung, terlihat para siswa ikut berkontribusi secara aktif dalam mengkritisi beberapa contoh permasalahan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tentunya berhasil dijawab dengan tegas dan lugas oleh setiap kandidat calon ketua OSIS.

Sesuai jadwal kegiatan, keesokan harinya tepat pada Selasa (12/09/23) dilaksanakan tahapan kedua dari kegiatan pemulihan umum ketua OSIS kali ini, yaitu proses pemungutan suara dan tahap ketiga yaitu penghitungan suara dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlokasi di Aula SMAN 1 Gondang. Berlangsung pada pukul 07.00 WIB seluruh siswa memberikan hak memilihnya secara tertib dengan menaati peraturan serta jujur, dan adil.

Para siswa mengantri untuk mengisi daftar hadir dan mendapatkan surat suara sebagai bukti menyalurkan hak suara yang berisi foto para kandidat. Setelah selesai melakukan pencoblosan di dalam bilik suara, siswa memasukkan surat suara ke dalam kotak suara lalu mencelupkan jari ke tinta sebagai bukti telah memberikan hak pilih. Pada tahapan penghitungan suara yang disaksikan secara langsung pada pukul 10.00 WIB, berlangsung dengan suasana yang penuh akan seruan antusiasme dari para siswa sejak dimulainya acara hingga rekapitulasi suara yang pada akhirnya suara terbanyak diraih oleh nomor urut dua yaitu Muhammad Afif Ramdhani.

Dimensi profil pelajar Pancasila dalam suara demokrasi kali ini ditunjukkan dengan keterlibatan siswa dalam proses pemilihan umum yang berjalan dari awal hingga akhir sehingga menggambarkan wujud nilai profil pelajar Pancasila yang mandiri. Para siswa juga saling bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan dengan berbagi tugas seperti dokumentasi, pengeditan, dan susunan konsep video yang akan dikumpulkan, sehingga bentuk-bentuk kerja sama tersebut tumbuh menjadi wujud nyata dari nilai profil pelajar Pancasila dimensi kegotongroyongan.

Siswa juga diberi tugas untuk menggambar poster bertemakan pencalonan ketua OSIS sehingga dapat mencerminkan dimensi profil pelajar Pancasila yang kreatif. Sehingga bermula dari demokrasi, siswa menjadi tahu seperti apa seharusnya suasana demokrasi yang sehat itu, dan mendapatkan bekal nilai-nilai Pancasila yang dapat dipetik untuk menciptakan karakter pelajar yang berpegang teguh pada Pancasila.

 

 

Penulis:

Lely Dwi Fransiska (XI-I – TIM JURNALISTIK DAN MULTIMEDIA)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM