CS PPDB

PELANTIKAN PENGURUS MPK DAN OSIS SMA NEGERI 1 GONDANG PERIODE 2023/2024

shape image

PELANTIKAN PENGURUS MPK DAN OSIS SMA NEGERI 1 GONDANG PERIODE 2023/2024

 

 





Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Ia merupakan wadah pembinaan kesiswaan di sekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi Siswa. Oleh sebab itu, OSIS berperan penting dalam membantu dan menyukseskan kegiatan yang ada dilingkungan sekolah. Tidak ketinggalan OSIS yang ada di SMA NEGERI 1 GONDANG yang setiap tahunnya akan mengalami revolusi baru, sehingga terbentuklah anggota yang semakin kompetitf dan kreatif.

Kali ini nyatanya OSIS tidak berdiri sendiri, melainkan akan berjalan serirama dengan organisasi baru yang disebut Majelis Permusyawaratan Kelas atau dikenal sebagai MPK. Pada dasarnya MPK merupakan sebuah organisasi resmi untuk membantu kinerja warga sekolah. MPK ini ditemukan ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selain OSIS yang lebih dulu bernaung menjadi organisasi siswa di sekolah. Hadirmya MPK memiliki peran yang penting dalam memotivasi para siswa untuk berpartisipasi aktif di lingkungan sekolah. Fungsi utamanya adalah sebagai wadah pembinaan kesiswaan yang bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi siswa.

Secara perdana pada Senin, 18 September 2023 SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk menggelar upacara rutin sekaligus Pelantikan Pengurus MPK dan OSIS untuk Masa Bhakti 2023/2024. Ini menjadi momentum yang tidak dapat dilupakan. Sebab, secara resmi anggota perwakilan MPK yang berasal dari ketua kelas dan perwakilan dari exstrakurikuler menjadi wajah baru dan nuansa baru. Hal ini tentu menjadi pemandangan yang membuat banyak orang menaruh harapan akan hasil kinerja semakin solid, inovatif dan kreatif. 

Serangkaian pelantikan MPK dan OSIS disahkan oleh Drs. Sugiyono M.Si. selaku Kepala SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk. Pada kesempatan itu beliau sebagai pembina upacara tidak lupa menyampaikan selamat atas dua pemimpin baru beserta anggota yang secara resmi sudah dilantik menjadi bagian dari perwakilan MPK dan OSIS. Beliau menyampaikan agar MPK dan OSIS menjadi organisasi sekolah yang solid dan bersinergi dalam membantu kinerja sekolah.

Atas dilantiknya MPK dan OSIS masa bakti 2023/2024 memberi kesan yang berbeda. Sebab, selain secara perdana MPK resmi bergabung bersama OSIS untuk membantu kinerja sekolah. Namun, suasana memang terasa berbeda pada saat prosesi pelantikan MPK dan OSIS. Tidak seperti biasanya saat prosesi pelantikan OSIS yang sdihiasi barisan putih-putih. Pada saat pelantikan MPK dan OSIS dihiasi barisan putih-putih dan abu-abu putih. Meski terkesan tidak serirama bentuk warnanya. Justru dengan seragam ini bisa membuktikan. Bahwa, ada jalinan erat antar OSIS dan MPK.

Adanya pelantikan MPK dan OSIS menandai komitmen siswa untuk aktif berkontribusi dalam pembinaan kesiswaan. Digawangi dengan total 40 siswa untuk OSIS dan 19 siswa untuk MPK, para pengurus yang dilantik telah melewati proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS. Begitu pula untuk ketua MPK beserta anggota lainnya. Pada masa bakti 2023/2024 Muhammad Afif Ramadhani dari kelas XI-5 terpilih resmi menjadi Ketua OSIS, sedangkan Muhammad Rizqi Kurniawan dari kelas XI-1 secara perdana menjadi ketua MPK. Mereka berdua akan menjadi ketua yang memimpin organisasi dan bekerja sama atas segala bentuk pembinaan yang ada di sekolah. Selain itu, keberhasilan atas dilantiknya struktur baru dari MPK dan OSIS menunjukkan keseriusan sekolah dalam mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi.

Kedepannya diharapkan dua kepemimpinan dari Muhammad Afif Ramadhani sebagai Ketua OSIS dan Muhammad Rizqi Kurniawan sebagai ketua MPK dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan minat, bakat, dan potensi siswa di SMA Negeri 1 Gondang untuk. Mari ikut serta mendukung masa jabatan dari ketua OSIS dan ketua MPK yang secara resmi sudah resmi dilantik.

 

 

Penulis :

              Renasa Septira Sahara (XI3 – TIM JURNALISTIK DAN MULTIMEDIA)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM