CS PPDB

DONOR DARAH, BAKTI PEDULI PMR TIRTA RAHAYU BIMANTARA SMA NEGERI 1 GONDANG

shape image

DONOR DARAH, BAKTI PEDULI PMR TIRTA RAHAYU BIMANTARA SMA NEGERI 1 GONDANG

 "AKSI DONOR DARAH SEBAGAI BENTUK AWAL PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PMR TIRTA RAHAYU BIMANTARA SMA NEGERI 1 GONDANG"



            Pada dasarnya donor darah merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah. Kemudian, darah yang disimpan di bank darah digunakan ketika seseorang membutuhkan transfusi darah. Selain itu, aksi donor darah ini sebagai bentuk relawan pada sesama manusia. Oleh sebab itu, ekstrakurikuler PMR Tirta Rahayu Bimantara SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk mengadakan aksi donor darah sebagai salah satu program kerja.

            Pelaksanaan aksi donor darah dilakukan pada Selasa, 24 Oktober 2023. Bertempat di aula SMA Negeri 1 Gondang tentu aksi donor darah sebagai salah satu program kerja ekstrakurikuler PMR Tirta Rahayu Bimantara menjadi kegiatan mulia sekaligus bermakna. Sebab, melalui aksi donor darah dapat melatih siswa SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk terbiasa peduli pada sesama.

           Aksi donor darah yang diikuti oleh peserta didik jika umurnya sudah mencukupi kriteria dan syarat pendonor berpeluang dapat melakukan aksi donor darah. Para siswa yang berpeluang melakukan aksi donor darah begitu antusias dan semangat. Sebab, aksi donor darah merupakan pengalaman baru yang begitu menyenangkan.

           Meski awalnya hasil donor darah ditargetkan bisa mendapat 34 kantong darah. Namun, aksi darah sebagai program kerja ekstrakurikuler PMR Tirta Rahayu Bimantara hanya mendapat 27 kantong darah.  Hal ini bukan berarti peserta didik SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk tidak memiliki jiwa saling peduli antar sesama. Akan tetapi, saat pemeriksaan rata-rata peserta didik memiiki hemoglobin atau HB yang cukup rendah, sehingga mereka tidak bisa mengikuti aksi donor darah.

           Donor darah yang dimulai pukul 08.00 WIB berlangsung dengan lancar  serta tidak ada halangan apapun. Diharapkan atas diadaknnya donor darah ini dapat memberikan kesempatan   peserta didik SMA Negeri 1 Gondang lebih mengenali daya tahan tubuh terutama dirinya sendiri. Tidak hanya itu saja, tapi melatih jiwa peduli antar sesama manusia.


Penulis: Meiza Kurnia Dewi (X3 - Tim Jurnalistik dan Multimedia SMA Negeri 1 Gondang)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM