CS PPDB
Informasi PPDB Tahun 2023

MOMENTUM PERAYAAN HARI GURU NASIONAL 2023

shape image

MOMENTUM PERAYAAN HARI GURU NASIONAL 2023

 PARA GURU SMA NEGERI 1 GONDANG NGANJUK MENJADI PETUGAS UPACARA BENDERA



Terkadang guru dituntut untuk sempurna untuk menjadi teladan peserta didiknya dengan melupakan fakta bahwa mereka adalah manusia biasa. “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”, adalah kutipan Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara mengenai guru, yang artinya adalah di depan memberi teladan, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan. Guru bukan hanya sekadar mengajarkan ilmu pengetahuan tertentu, guru juga harus menjadi panutan bagi peserta didiknya serta bertindak sebagai orang tua kedua yang selalu membimbing dan menjadi problem solving bagi orang-orang di sekitarnya. Jejak-jejak perjalanan hebat mereka menjelma menjadi pelita bagi pendidikan Indonesia. Sehingga, untuk mengapresiasi kerja keras para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, setiap tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional (HGN) bersama dengan berdirinya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 78 tahun 1994.

 

Sebagai peringatan Hari Guru Nasional dan Dirgahayu PGRI ke-78, SMA Negeri 1 Gondang mengadakan upacara bendera pada hari Senin tanggal 27 November 2023. Namun, ada yang spesial dari upacara bendera kali ini. Sebab, petugas upacara pengibaran bendera dipimpin langsung oleh Bapak/Ibu guru dari awal hingga akhir. Mulai dari protokol upacara, pembacaan pembukaan UUD 1945, pemimpin upacara, pemimpin barisan, hingga paduan suara, dan tugas-tugas lain diambil alih oleh Bapak/Ibu guru.

Kepala SMA Negeri 1 Gondang, Drs. Sugiyono M.Si. menyampaikan amanatnya tentang betapa berjasanya seorang guru untuk generasi bangsa, “Seorang guru rela meninggalkan keluarga dan anaknya demi mendidik generasi penerus bangsa,” tutur Bapak Sugiyono di atas podium kala itu.

Seakan terhipnotis, semua peserta upacara tidak dapat menyembunyikan binar kagum di tengah prosesi pengibaran bendera oleh Bapak/Ibu guru yang begitu gagah, lengkap dengan setelan seragam batik khas guru yang melekat indah pada mereka. Apalagi saat alunan merdu kelompok paduan suara ketika melantunkan lagu Hymne Guru cipta Sartono dan Manusia Kuat yang dipopulerkan oleh Tulus.

Selain upacara bendera, ada beberapa kegiatan menarik lainnya dalam memperingati Hari Guru Nasional yang ke-78 ini. Yang pertama adalah pembacaan guru-guru berprestasi dan pemilihan nominasi guru terfavorit, ter-friendly, dan ter-inspiratif, melalui voting di hari sebelumnya oleh seluruh siswa. Pembacaan nominasi diwakili oleh Bapak kepalanya sekolah SMA Negeri 1 Gondang dengan gemuruh tepuk tangan siswa-siswi yang turut mengabadikan momen. Kegiatan kedua dilanjut dengan persembahan dari anggota OSIS dan MPK, dengan nyanyian, dan untaian buket bunga yang menjadi simbol ucapan terima kasih  dari para peserta didik untuk para pahlawan tanpa tanda jasa. Acara yang meriah, diakhiri dengan pelepasan balon yang mengudara di atas langit biru SMA Negeri 1 Gondang, meninggalkan suasana kehangatan antara Bapak/Ibu guru dengan siswa-siswi.

 

Momentum ini seakan menjadi bagian dari memori yang sangat berharga dan sayang untuk dilewatkan baik peserta didik ataupun Bapak/Ibu guru. Segala bentuk ucapan tiada henti diucapkan siswa-siswi untuk guru-guru yang sangat berjasa bagi pendidikan mereka. Pada dasarnya, pendidikan tidak dapat berdiri jika tidak ada pendidik yang bergerak membawa kemajuan bagi pendidikan Indonesia. Keduanya bagaikan perpaduan yang tidak akan tergantikan dari masa ke masa. Bertemakan “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar” seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, peserta didik hingga orang tua bersinergi menciptakan semangat belajar merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia. Namun, tetap saja cara terbaik untuk memperingati Hari Guru Nasional adalah dengan menunjukkan sikap yang baik pada guru setiap hari, bukan hanya pada saat peringatan Hari Guru Nasional saja.

 

 

Penulis :

Meiza Kurnia Dewi (X 3 – TIM JURNALISTIK DAN MULTIMEDIA)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM