CS PPDB

PENDIDIKKAN POLITIK BAGI GENERASI MUDA

shape image

PENDIDIKKAN POLITIK BAGI GENERASI MUDA

 




Setiap 5 tahun sekali bangsa Indonesia melaksanakan pesta Demokrasi melalui Pemilihan Umum (pemilu). Pesta Pemilihan Umum ini akan dirayakan dan disambut dengan suka cita oleh  rakyat Indonesia. Bahkan, setiap rakyat Indonesia memiliki hak untuk dipilih dan memilih secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Tentu dalam peran pesta demokrasi ini generasi muda tidak ketinggalan akan peran penting untuk meneruskan dan ikut serta dalam berpolitik. Oleh sebab itu, dalam rangka menyambut pesta demokrasi 2024 perlua adanya bekal dan pemahaman agar generasi muda dapat ikut berpesta pora menyambut pemilu dengan cara yang terdidik dan elegan. Hal itulah yang menjadi salah satu dasar sekaligus pondasi dilakukannya agenda sosialisasi pendidikan politik di SMA Negeri 1 Gondang.

Seusai melaksanakan sibuknya serangkaian ujian penilaian akhir semester ganjil tahun 2023/2024 SMA Negeri 1 Gondang mendapat kesempatan mengadakan sosialisasi pendidikan politik oleh Badan kesatuan Bangsa dan Politik atau  BANGKESPOL. Dibalik kegiatan sosialisasi pendidikan politik bertujuan agung guna menciptakan politik yang sehat dan tertib untuk bekal menyambut pesta demokrasi pemilu 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, tanggal 15 Desember 2023 dan secara khusus diikuti oleh siswa kelas XII.

Sosialisasi pendidikan politik dibuka oleh kepala SMA Negeri 1 Gondang yaitu Drs. Sugiyono, M.si. Kemudian, dilanjutkan oleh kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Imam Ashari, S.Sos. Lalu, serangkaian kegiatan sosialisasi pendidikan politik berjalan terarah, tertib dan komunikatif.

Tidak lupa, pada sambutan yang disampaikan oleh Imam Ashari, S.Sos menyampaikan tema acara sosialisasi yaitu “Semangat Toleransi Generasi Muda Dalam Penyelenggaraan Politik” dimana dalam berpolitik kita harus menerapkan Bhineka Tunggal Ika walaupun negara kita terdiri dari perbedaan Agama, budaya, suku, ras, kita harus tetap bersatu demi menciptakan Indonesia emas yang diharapkan.

Pada acara pendidikan politik terdapat 2 materi yang disampaikan oleh Drs. Suwarno, M.Si. Zakin dengan materi “Bhineka Tunggal Ika dalam Khasanah Kehidupan Berbangsa Bernegara” dan Ahmad Hamid dengan materi “Demokrasi Pancasila dan Perwujudan dalam Pelaksanaan Pemerintah Pusat dan Daerah.”

Acara sosialisasi pendidikan politik bagi generasi muda ini dilaksanakan dengan tertib dan lancar, melalui acara sosialisasi ini diharapkan para generasi muda penerus bangsa dapat mengikuti pesta demokrasi dan mengedepankan semangat toleransi dalam penyelenggaraan politik.

Penulis : Imanuella Magdalena (XI-2)


Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM