CS PPDB

LK BEST PRACTICE WEB

shape image

LK BEST PRACTICE WEB

 

 

BEST PRACTICE

Penerapan Role Playing dengan Menggunakan Media Wayang Kreasi

pada Materi Ajar Dampak Perjanjian Sepreh Terhadap Wilayah Mancanegara Timur

Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

 

SMA NEGERI 1 GONDANG

https://smago.sch.id/

 

 

 

 



 

 

DISUSUN OLEH :

BAYU BAHARSYAH HIDAYAT, S.Pd.

NO. UKG : 201503073013

SMA NEGERI 1 GONDANG

 

 

PPG DALAM JABATAN KATEGORI 3 TAHUN 2023

LPTK UNIVERSITAS PGRI MADIUN

 

 

 

 

 

LK. 3.1 Panduan Penyusunan Hasil Best Practice

 

 

Pada tugas ini Anda diminta untuk menuliskan Hasil Best Practice tentang pembelajaran yang merupakan best practice dari kegiatan PPL PPG Daljab. Laporan ini berbentuk esai 500 kata dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1.    Pilihlah salah satu pembelajaran inovatif yang Anda lakukan selama PPL PPG Daljab yang menurut Anda paling berhasil dalam aspek peningkatan proses dan hasil belajar siswa/i.

2.    Deskripsikan pembelajaran tersebut dalam bentuk esai dengan menggunakan kerangka STAR (situasi-tantangan-aksi-refleksi) yang sesuai dengan kondisi riil di kelas. Sertakan argumentasi Anda bahwa pembelajaran yang dipilih merupakan best practice.

3.     Format penulisan esai menggunakan  font Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1.

4.    Struktur penulisan esai terdiri dari:

a.  Judul

b.  Pendahuluan

c.   Pembahasan

d.  Kesimpulan

e.   Daftar Pustaka

 

STAR mencakup hal-hal di bawah ini.

 

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab.

Tantangan

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat.

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

Refleksi

Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.


 

 

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahapeserta didik PPG Daljab.

 

Latar belakang masalah dari Praktik pembelajaran ini adalah:

1.      Rendahnya motivasi belajar peserta didik

2.      Rendahnya minat baca atau budaya literasi peserta didik

3.      Pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif kurang berjalan secara optimal

Praktik pembelajaran ini sangat penting karena:

1.      Praktik pembelajaran role playing dapat dijadikan contoh penerapan pembelajaran inovatif oleh para pendidik di sekolah yang ingin memanfaatkan model pembelajaran role playing menggunakan media wayang kreasi.

2.      Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi pendidik untuk membuat inovasi baru dalam pembelajaran

3.      Model pembelajaran role playing  membantu peserta didik meningkatkan kemampuan kerja sama, kritis, kreatif, dan aktif.

4.      Dapat meningkatkan keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat, bertanya, menyimpulkan, merumuskan ide dan menyajikan karya berupa pementasan.

 

Tantangan

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat.

 

Tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan model pembelajaran role playing adalah :

1.     Membutuhkan alokasi waktu yang tidak sedikit

2.     Penyusunan naskah dan skenario

3.     Informasi seputar tokoh dalam peristiwa

Berdasarkan penyebab diatas, tantangan yang dihadapi pendidik yaitu :

1.     Peserta didik kurang percaya diri dalam memainkan peran

2.     Peserta didik belum terbiasa memainkan peran

Berdasarkan tantangan tersebut diatas, tantangan yang dihadapi pendidik  adalah belajar menjadi fasilitator dalam kelas,dengan menerapkan model pembelajaran yang baru dan inovatif, agar motivasi belajar peserta didik meningkat.

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

 

Berdasarkan tantangan yang dihadapi pendidik, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

1.      Aktif berkoordinasi dengan  peserta didik

Agar kegiatan pementasan berjalan dengan baik, maka pendidik dan peserta didik aktif melakukan koordinasi. Koordinasi dilakukan mulai dari tahapan persiapan sampai dengan pementasan dengan cara pendidik selalu mendampingi peserta didik dalam setiap tahapan dan membantu memberikan arahan kepada peserta didik.

2.      Mengajak peserta didik untuk melakukan latihan

Latihan adalah kunci dari keberhasilan sebuah pementasan, oleh karena itu pendidik melakukan pembimbingan dan arahan dengan cara selalu memantau peserta didik dalam Latihan agar peserta didik menjiwai peran yang dimainkan.

3.      Memberikan batasan waktu pengerjaan

Agar waktu pengerjaan efektif , maka perlu adanya pembatasan waktu pengerjaan sehingga peserta didik bisa mengoptimalkan waktu dengan baik.

 

Refleksi

Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon peserta didik terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.

 

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan ternyata berdampak sangat positif untuk peserta didik. Hal tersebut antara lain.

1.        Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model  role playing menggunakan media wayang kreasi sangat baik, hal ini  dibuktikan dengan meningkatnya antusiasme peserta didik  dalam mengikuti pembelajaran dan  adanya peningkatan kemampuan dalam hal  kerja sama, berpikir kritis, kreatif, keaktifan dan kepercayaan diri.

2.        Model pembelajaran role playing menggunakan media wayang kreasi mudah diterapkan karena bahan yang digunakan untuk membuat wayang kreasi  bisa memanfaatkan barang bekas dan murah.

3.        Dalam kegiatan pementasan juga terlihat bahwa peserta didik aktif dalam kerjasama kelompok dan kreatif dalam membuat naskah cerita dan properti  untuk pementasan serta peserta didik bisa menjiwai peran yang dimainkan sehingga membuat alur cerita menjadi hidup.

4.        Faktor keberhasilan dari pembelajaran ini ditentukan oleh kesiapan media yang disiapkan, instrumen dan perangkat ajar yang baik dan tentunya kemampuan pendidik dalam mengemas proses pembelajaran sehingga mampu mengajak peserta didik untuk meningkatkan keberanian peserta didik dalam hal mengemukakan pendapat, bertanya, menyimpulkan, merumuskan ide dan menyajikan karya berupa pementasan.

5.      Peserta didik juga berperan penting karena peserta didik bersemangat dalam pembelajaran sehingga kemampuan kerja sama, berpikir kritis, kreatifitas, dan keaktifan peserta didik meningkat.

 

 

 

Berdasarkan proses dan aktivitas yang telah dilaksanakan, pembelajaran dengan model role playing menggunakan media wayang kreasi lebih menantang dan seru untuk dilaksanakan, hal ini berefek baik kepada pendidik dan juga peserta didik didalam kelas. Bahkan ketika model pembelajaran role playing diterapkan belum sempurna, hal itu akan menjadi sempurna di dalam kelas sehingga tidak masalah untuk mencoba menerapkan model pembelajaran inovatif di dalam kelas selama tujuan yang ingin dicapai adalah untuk kebaikan bersama, sekolah, pendidik dan peserta didik.

Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan pendidik :

1. Pendidik perlu melakukan refleksi dalam setiap kegiatan pembelajaran untuk melihat progres perkembangan pembelajaran.

2. Pendidik harus jeli memanfaatkan aset di sekitar lingkungan sekolah untuk dipergunakan sebagai penunjang proses pembelajaran.

3. Pendidik harus konsisten meningkatkan kompetensi dan terus meng-upgrade ilmu melalui pelatihan terkait teknologi dan infromasi, video pembelajaran, materi pembelajaran terupdate yang disesuaikan dengan kehidupan dan sharing dengan berbagai pihak, agar pembelajaran student center dapat terus dilakukan dan di tingkatkan.

4. Pendidik harus selalu semangat dan memotivasi diri agar terus melakukan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi pererta didik

5. Pendidik harus konsisten mengembangkan program pengelolaan kelas yang menyenangkan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran, yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berpusat pada peserta didik.

 

 

LAMPIRAN








 

Link Video Pembelajaran :

https://drive.google.com/file/d/1zGqH1pYgFOsoJgXkGKK17VNARcx_vslJ/view?usp=sharing

 

Website LPTK Universittas PGRI Madiun (UNIPMA) :

1. Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)

2. Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url :https://ppg.unipma.ac.id)

3. Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)

4. Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)

5. Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

6. Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM