CS PPDB

Kajian Bulan Ramadhan Bersama Para Siswa SMA Negeri 1 Gondang

shape image

Kajian Bulan Ramadhan Bersama Para Siswa SMA Negeri 1 Gondang


Pada Jumat, 15 Maret 2024, SMA Negeri 1 Gondang memulai bulan suci Ramadan melibatkan para siswa dan siswi untuk mengikuti rangkaian kegiatan menyambut bulan Ramadhan. Mereka berkumpul di aula sekolah untuk mengikuti acara kajian Ramadan yang dimulai dengan pelaksanaan sholat Dhuha dan Hajat. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian per kelas sesuai jadwal. Untuk yang pertama, dimulai dari kelas X pada pukul 07.30 - 08.30 WIB, kelas XI pada pukul 09.30 - 10.00 WIB, dan dilanjutkan dengan kelas XII pada pukul 10.30 - 11.30. Meski kegiatan kajian tidak mengunakan atribut beribadah, tapi seluruh siswa dan siswi masuk mengenakan seragam Pramuka lengkap mereka tetap menunjukkan kebersamaan yang khusyuk sekaligus semangat dalam menjalani ibadah Ramadhan.

Setelah melaksanakan sholat Dhuha dan Hajat acara dilanjutkan dengan kajian yang dipimpin oleh M.Yasin,S.Pd.. Pada kajian ini, Bapak Yasin membawakan materi yang membahas tentang “Pentingnya Menjaga Hawa Nafsu Saat Berpuasa”. Banyak sekali poin penting yang disampaikan beliau mengenai cara agar hawa nafsu saat berpuasa terjaga, sehingga dengan adanya kajian Ramadhan menjadi langkah bijak untuk mengawali bulan Puasa sekaligus memperdalam ilmu.

Pada kajian Ramadhan yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mengawali kegiatan setelah menikmati liburan awal puasa tentu menjadi bahan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan yang dihadapi saat menjalani ibadah puasa. Tantangan yang dimaksud tentu berkaitan dengan pentingnya paham dan mampu mengendalikan hawa nafsu sekaligus menjaga keikhlasan dalam beribadah


Tujuan dari acara kajian Ramadan ini untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai keagamaan dan spiritualitas selama bulan Ramadan memang berdampak baik. Sebab, melalui adanya kajian diharapkan para siswa dan siswi dapat memperoleh wawasan baru tentang cara menjaga hawa nafsu sekaligus meningkatkan kualitas ibadah mereka selama bulan puasa. Selama kajian berlangsung tentu banyak hikmah yang didapat. Hal ini karena, dengan adanya kajian dapat mengisi kagiatan baik selama bulan puasa. Seperti halnya, kesadaran akan pentingnya kesabaran, pengendalian diri, dan keikhlasan dalam beribadah, sehingga dapat menjalani Ramadan dengan penuh keberkahan dan kesadaran spiritual yang tinggi.

Selamat menunaikan ibadah bulan puasa. Mohon maaf atas segala kesalahan. Mudah-mudahan selama kita menikmati bulan Ramadhan ini menjadi suatu berkah dan barokah yang senantiasa membuat kita semakin istiqomah dalam kebaikan dan rasa syukur kita. Aamiin.

 

Penulis: Fitri Bintari (X8 - Tim Jurnalistik dan Multimedia )

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM