CS PPDB

Idul Fitri 2024

shape image

Idul Fitri 2024

 

Halal Bihalal bersama warga SMA Negeri 1 Gondang


Selamat hari Idul Fitri. Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin..”

Setelah kita berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan. Akhirnya, kita dapat berjumpa dengan Idul fitri di tanggal 1 Syawal. Idul Fitri merupakan hari raya umat muslim memperingati hari kemenangannya. Indonesia mengenal Idul Fitri dengan istilah “Lebaran” yang selalu dirayakan dengan tradisi yang berbeda-beda tiap daerahnya. Salah satu tradisi saat Lebaran yang selalu dilakukan oleh orang Indonesia adalah Halal Bihalal.

Halal Bihalal merupakan salah satu tradisi umat muslim sebagai salah satu upaya dalam menjalin silaturahmi yang dilakukan pada saat lebaran. Pada acara Halal Bihalal, tiap orang akan bersalam-salaman dan saling memaafkan. Tidak hanya itu saja, tapi Halal Bihalal akan mengantarkan pada kebiasaan menikmati hidangan aneka kue khas lebaran beserta makanan.

Saatnya libur hari Idul Fitri untuk menikmati lebaran usai. Segala aktifitas mulai kembali aktif. Tidak ketinggalan para siswa mulai aktif masuk sekolah. Pada momen itulah, Halal Bihalal menjadi pembuka untuk mengawali pembelajaran setelah libur Idul Fitri. Warga SMA Negeri 1 Gondang mengadakan Halal Bihalal pada Kamis, 18 April 2024.

Setelah apel pagi para Bapak Ibu guru berjajar di lapangan sekolah dengan diiringi lantunan shalawat. Para guru berbaris bersebelahan menunggu kedatangan siswa untuk melangsungkan Halal Bihalal. Kemudian, para siswa kelas XI diikuti kelas X berbaris satu banjar dengan rapi sesuai dengan urutan kelasnya. Lalu, setiap siswa mengantri untuk bergantian berkeliling bersalam-salaman dan bermaafan dengan para guru. Terakhir, para siswa akan membentuk barisan baru dan melanjutkan tradisi Halal Bihalal sambil bertukar ucapan maaf dengan siswa yang lain.

Tradisi halal bihalal di SMA Negeri 1 Gondang adalah sebuah bentuk kecil dari perayaan Idul Fitri yang ada di sekolah. Meski dirayakan dengan sederhana, tapi suasana hangat khas lebaran masih terasa. Sebab, rasa cinta dan kasih sayang dari para guru akan selalu memaafkan segala kesalahan dan kenakalan yang pernah dilakukan oleh anak didiknya. Hal ini, seperti sosok orang tua di rumah ketika bersama anak-anaknya.

Kegiatan Halal Bihalal ada memang bukan hanya sebatas ajang silaturahmi antar siswa dan guru. Melalui kegiatan Halal Bihalal, diharapkan suasana belajar di sekolah menjadi semakin kondusif dan menyenangkan. Siswa dapat memperkuat rasa persaudaraan, saling memaafkan kesalahan. Semangat kekeluargaan dan persaudaraan yang terjalin akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.

 

Penulis :

Nova Rahma Aulia (X6 – Tim Jurnalistik dan Multimedia)


Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM