CS PPDB

Pengumpulan dan Penyaluran Zakat Fitrah oleh SMA Negeri 1 Gondang

shape image

Pengumpulan dan Penyaluran Zakat Fitrah oleh SMA Negeri 1 Gondang



           

Zakat merupakan salah satu perkara dari rukun islam, sehingga sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk mengeluarkan zakat. Selain itu, zakat menjadi bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan seorang muslim apabila telah mencapai syarat yang ditentukan dengan tujuan pembersihan harta seseorang dari sifat-sifat negatif. Zakat terbagi menjadi dua, yaitu zakat mal dan zakat fitrah.

Zakat mal dan zakat fitrah memiliki pengertian yang berbeda, zakat mal adalah sebagaian harta yang wajib dikeluarkan seorang muslim sesuai dengan yaang dimilikinya. Sedangkan, zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat muslim di bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitri berupa makanan pokok seperti beras dengan ketentuan seberat 2,7 kg.

Pada bulan ramadhan kali ini, SMA Negeri 1 Gondang dibantu oleh OSIS turut serta dalam penyaluran zakat fitrah. Zakat fitrah yang akan disalurkan merupakan zakat yang telah dikumpulkan dari seluruh siswa SMA Negeri 1 Gondang, mulai dari kelas X, XI, hingga kelas XII sejak tanggal 24 Maret 2024 kepada OSIS sebagai panitia (Amil Zakat) yang ada di sekolah.



Kemudian, zakat yang telah dikumpulkan akan diolah kembali kedalam sebuah kemasan bertuliskan zakat fitrah siswa-siswi SMA Negeri 1 Gondang dengan berat 2,8 kg, sehingga dapat mempermudah proses pendistribusian. Setidaknya ada 800 zakat kemasan zakat yang akan disalurkan, target penyaluran zakat terdiri dari siswa SMA Negeri 1 Gondang, dan pada warga sekitar yang berhak menerimanya.

Pada tanggal 4 April 2024 SMA Negeri 1 Gondang memulai kegiatan penyaluran zakat. Target pertama adalah kepada siswa kelas X, XI, dan XII yang berhak menerima. Mereka mendapat zakat fitrah berjumlah dua kemasan. Sebanyak 200 kemasan zakat disalurkan kepada siswa, dan 600 sisanya  dibagikan ke rumah-rumah warga yang berlokasi dekat dengan sekolah. Diantaranya berada di Gondang Kulon, Gondang Wetan, Senggowar, Ngemplak, Sambong, Pulo, dan Talun.



Menilik dari antusias warga. Tentu pihak penerima merasa sangat terbantu dengan adanya penyaluran zakat fitrah. Ini menjadi bukti dengan berzakat kita telah mengurangi sedikit beban mereka yang membutuhkan sekaligus menjadi seorang muslim yang diberi kesempatan mampu memenuhi rukun Islam ketiga. Selain itu, melalui membayar zakat menunjukkan kepedulian sosial antar sesama umat manusia.

Mudah-mudahan dengan zakat fitrah yang telah disalurkan akan bermanfaat bagi penerimanya, sehingga menjadi sebuah keberkahan kepada pemberinya. Sedikit dari yang kita berikan akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Mari kita wujudkan tujuan islam untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera, dengan membayar zakat umat muslim senantiasa membangun kedermawanan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Penulis:

Nova Rahma Aulia (X6 – Tim Jurnalistik dan Multimedia)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM