CS PPDB

PONDOK RAMADHAN SMAGO

shape image

PONDOK RAMADHAN SMAGO

PONDOK RAMADHAN SEBAGAI BENTUK MELATIH DIRI UNTUK MANDIRI, 

DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB 


        

Senin, 01 April 2023 SMA Negeri 1 Gondang melaksanakan kegiatan pondok Ramadhan. Kegiatan berlangsung selama 3 hari. Dimulai pada hari pertama oleh kelas XI dan dilanjutkan hari kedua dan ketiga oleh kelas X. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan dilanjutkan dengan melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Kegiatan pondok Ramadhan berlangsung secara tertib dan para siswa dapat mengikutinya dengan baik sesuai arahan Bapak Ibu guru pendamping. Kegiatan utama adalah melaksanakan sholat dhuha berjama’ah. Kemudian, dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gondang yaitu Agus Susilo, S.Pd., M.E.. Lalu, terdapat pemberian materi-materi tentang moderasi beragama, problematika remaja, zakat infa’ dan sedakah, serta kaifiyah sholat.



Hal yang menarik dan berbeda dari sebelumnya kali ini untuk kelas X di wajibkan untuk menginap di sekolah untuk mengikuti pondok Ramadhan. Tentu hal ini menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Sebab, para siswa dapat kumpul bersama menikmati waktu berbuka puasa, beribadah, dan sahur.

“Pada dasarnya, ada tujuan baik dalam kegiatan Pondok Ramadhan ini. Tentu kegiatan Pondok Ramadhan ini dapat menjadi wadah sekaligus upaya melatih seseorang yang mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab. Utamanya pada ketaatan kita dalam beribadah di bulan Ramadhan ini.” Tutur Bapak Yasin pada sambutannya.



Tentu Pondok Ramadhan menjadi agenda rutin siswa di bulan Ramadhan. Seperti yang Bapak Yasin sampaikan. Bahwa, di bulan Ramadhan menjadi momentum baik bagi umat islam untuk fokus beribadah sekaligus istiqomah memperbaiki diri serta mencari pahala sebanyak-banyak.

Kegiatan terus berjalan sesuai jadwal. Selesai sholat Asar para siswa dipisahkan. Untuk siswa laki-laki berada di Masjid, sedangkan siswi perempuan di Aula. Kemudian, tibanya selesai sholat magrib dan berbuka puasa. Saatnya siswa kelas X diperbolehkan istirahat sejenak menunggu waktu isya’ dan terawih. Selanjutnya, selepas waktu terawih para siswa kelas X melanjtkan dengan khataman Al-Qur’an. Setiap masing-masing kelas mengkhatamkan 30 jus.

Malam telah tiba. Saatnya para siswa melanjutkan dengan istirahat. Lalu, tepat dini hari sebelum melakukan sahur tepatnya pada pukul 02.00 WIB seluruh siswa kelas X melaksanakan ibadah sholat lail atau sholat malam. Kemudian, setelah sholat malam usai tibalah saatnya saur bersama.



Selanjutnya, tiba waktu subuh. Selepas salat subuh dilanjutkan adanya kultum untuk pembekalan dengan materi tentang pentingnya tadarus yang disampaikan oleh Ibu Utik Rukmini untuk siswa putri yang ada di Aula. Kemudian, oleh bapak Yasin untuk siswa putra yang berada di Masjid.

Akhirnya, tiba dipenghujung kegiatan. Sebelum penutupan, melakukan sholat dhuha berjama’ah di Aula terlebih dahulu. Kemudian, kegiatan pondok Ramadhan dinyatakan selesai oleh Bapak Kepala Sekolah Agus Susilo, S.Pd.M.E.


     

       Mudah-mudahan kegiatan Pondok Ramadhan menjadi wadah baik dalam mempertebal ibadah sekaligus memupuk pahala sebanyak-banyaknya. Tidak hanya itu saja, tapi menjadi ladang baik untuk tumbuh menjadi seorang muslim yang teguh, mandiri, disiplin dan bertanggungjawab. Aamiin.

 

 

Penulis:

Meiza Kurnia Dewi (X3 -Tim Jurnalistik dan Multimedia)

Posting Komentar

Info Populer

Total Tayangan Halaman

© Copyright 2024 SMAN 1 GONDANG

CS PPDB

Pesan ini akan dikirim melalui Whatsapp

KIRIM